Cara meningkatkan penjualan bisnis AQUA

Cara meningkatkan penjualan bisnis AQUA

posted in: Tips | 3
Cara meningkatkan penjualan AQUA
Cara meningkatkan penjualan bisnis AQUA

Berikut sharing pengalaman penulis tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan bisnis AQUA. Artikel ini merupakan jawaban beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pembaca blog, antara lain :
Apa strategi yang harus digunakan agar penjualan sebagai Agen AQUA dapat meningkat ?
Bagaimana mencapai target yang ditentukan oleh Principal atau Distributor AQUA agar strata keagenan AQUA meningkat ?

Inilah sharing cara meningkatkan penjualan AQUA

Beberapa tahun yang lalu, penulis pernah mengalami kegagalan beberapa bisnis secara beruntun. Setiap kegagalan selalu ada sisi positif yang dapat digunakan untuk bangkit membangun kembali bisnis dengan lebih baik lagi.

Setiap kegagalan mempunyai karakteristik yang berbeda dan merupakan serangkaian proses bisnis yang harus dijalani, sehingga tanpa terasa kita akan menjadi terampil, tekun dan tahan banting di dalam mengelola bisnis.

Salah satu faktor penting yang membuat bisnis tetap eksis adalah totalitas hati wirausaha dalam melayani semua pemangku kepentingan bisnis.

Peningkatan kualitas dalam melayani semua pemangku kepentingan bisnis yang terus menerus akan membawa dampak peningkatan penjualan. Di dalam melayani, wirausaha mesti selalu mengedepankan integritas, komitmen dan tanggung jawab.

Diperlukan ketabahan hati dan ketekunan. Yakni ketika menjalani proses risiko bisnis tersebut di atas. Penulis seringkali harus menyingkirkan lebih dahulu kepentingan pribadi. Hal ini dilakukakan agar penulis dapat melayani semua stake holders (pemangku kepentingan) bisnis dengan baik.

Beberapa ilustrasi yang membuat hati wirausaha tidak nyaman, namun hati harus tetap gembira, antara lain :

  • Di saat sedang tidur malam dengan nyenyaknya, terdengar dering telepon dari pelanggan, yang order AQUA dan minta agar pesanan tersebut dikirim jam 7 pagi.
  • Di musim hujan penjualan AQUA selalu menurun, apabila dibandingkan dengan penjualan di musim kemarau. Di sisi lain, Persediaan barang (stock) di gudang menumpuk. Dan konsekuensi sebagai Sub Distributor, kita harus tetap bersedia menerima pasokan AQUA dari Principal atau Distributor AQUA.
    Hal ini tentu saja berdampak pada tergerusnya arus kas, akibat modal kerja menumpuk sebagai Persediaan Barang. Inilah yang disebut risiko bisnis, menjaga komitmen agar target yang telah disepakati tercapai.
  • Di saat operasional pengiriman barang sedang tinggi, beberapa karyawan tidak masuk kerja, otomatis distribusi pengiriman produk AQUA kepada pelanggan tersendat. Dan pastinya kita akan panen complaint dari pelanggan.
  • Pada saat sudah memasuki minggu kedua bulan puasa, yaitu menjelang hari raya Idul Fitri. Pada saat itu terjadi permintaan konsumen atas produk tertentu AQUA Danone cukup tinggi. Akan tetapi justru terjadi kendala pasokan dari Principal.  Pasokan yang dikirimkan dari Pabrik idak sebanding dengan lonjakan kenaikan permintaan atas produk tersebut, Tidak heran apabila banyak konsumen yang complain dan mereka mengutarakan kekecewaannya.

Well… beragam kendala bisnis tersebut di atas adalah realtas sebagai ujian riil. Ujian nyata untuk membentuk wirausahawan sejati. Anda mesti dapat mengatasi dan menyelesaikannya dengan baik. Kuncinya adalah dengan totalitas hati yang tulus dalam melayani semua pemangku kepentingan usaha bisnis.

Demikian sharing penulis tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan bisnis AQUA.
Sahabat kinasih,  Selamat berproses menjadi wirausahawan sejati… !!!

3 Responses

  1. lilostich

    Assalamualaikum..
    saya mau bertanya , bagaimana caranya meningkatkan penjualan aqua di suatu daerah dengan persaingan harga yang sangat ketat?
    apa ada solusi selain menurunkan harga jual?
    karna kalo masih harus kami turunkan harga jual, maka kami tidak akan bisa untuk menutupi biaya operasional…
    terimakasih sebelumnya..
    wassalam…

    • @Lilostich,
      Sharing pengalaman menjalankan usaha Agen AQUA:
      Meningkatkan penjualan memerlukan “proses” bisnis yang panjang dan melelahkan.
      Pengusaha dituntut untuk selalu kreatif dalam marketing produk, khususnya dalam hal “pelayanan prima” kpd pelanggan.
      Pelanggan selalu ingin cepat dilayani dan dengan harga yg paling ekonomis (menurut ukuran pelanggan).
      Untuk melayani dengan prima diperlukan Biaya Operasional yg cukup banyak, namun biaya tsb harus efisien & efektif.
      Masih banyak pelanggan yg dapat memaklumi adanya Biaya Operasional yg banyak, karena mereka juga pelaku bisnis.
      Dalam persaingan harga yg ketat, pengusaha mesti cerdas dalam mengelola pelanggan.
      Pengusaha mesti tekun dan telaten dalam mendapatkan pelanggan. Lakukan kunjungan rutin kepada Pelanggan.
      Gunakan media sosial dan website sebagai sarana Marketing yang ampuh.
      Kemajuan teknologi telah membuat model bisnis sekarang ini berubah total.
      Pengusaha juga harus dapat mengikuti perubahan model bisnis apabila ingin menjaga kelangsungan usahanya.
      Semoga dapat mencerahkan anda. Salam sukses.

  2. […] Untuk informasi lebih rinci tentang peluang usaha agen Aqua di Cawas, silakan telepon atau WhatApps nomor 08122994948. Supervisor Betiga Klaten akan melayani segala hal keagenan AQUA yang anda ingin ketahui. Betiga Klaten senantiasa melayani masyarakat Kabupaten Klaten yang ingin menjadi pengusaha dengan cara berjualan produk AMDK AQUA Danone. Anda juga dapat mengirimkan email ke betigaklaten@gmail.com untuk mengetahui seluk beluk berbisnis AMDK AQUA Danone. Baca juga tips “Cara meningkatkan penjualan bisnis AQUA” […]

Leave a Reply