5 Pertanyaan penting tentang Agen Aqua

5 Pertanyaan penting tentang Agen Aqua

posted in: Bisnis, Entrepreneurship, Tips | 0
5 Pertanyaan penting tentang Agen AQUA
5 Pertanyaan penting tentang Agen AQUA

5 Pertanyaan penting yang sering diajukan pembaca Blog tentang bisnis Agen AQUA. 5 Pertanyaan penting tersebut pada prinsipnya tentang :

1. Apa saja tahapan memulai untuk usaha bisnis Agen AQUA ?
2. Apa saja kendala dan hambatan dalam mengelola bisnis Agen AQUA ?.
3. Bagaimana cara dan strateginya agar usaha bisnis Agen AQUA bisa cepat berkembang ?
4. Apa sistem management yang tepat untuk menjalankan bisnis Agen AQUA ?
5. Dimana lokasi usaha bisnis yang strategis dan terbaik untuk usaha Agen AQUA ?

Inilah jawaban 5 pertanyaan penting tentang Agen AQUA

Uraian berikut ini adalah ringkasan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas. Dan ringkasan jawan ini adalah pengalaman penulis dalam menjalankan usaha bisnis Agen AQUA Danone. Penulis menjalani keagenan AQUA Danone yang diawalai dari strata paling bawah Retail, kemudian meningkat sampai mencapai strata Star Outlet (SO).

Ada banyak cara dan strategi yang bisa diterapkan dalam mengelola suatu usaha bisnis. Sehingga ada kemungkinan cara berbisnis Agen AQUA yang penulis aplikasian, akan menjadi kurang relevan apabila dijalankan oleh orang lain. Faktor-faktor penyebabnya antara lain :

1. Perubahan kebijakan distribusi produk AQUA Danone dari Principal PT TIV. Karena terdapat perbedaan kebijakan distribusi yang signifikan apabila dibandingkan dengan kebijakan distribusi beberapa tahun lalu.
2. Tingkat persaingan yang sengit antara sesama Agen AQUA Danone maupun persaingan dengan Agen AMDK merek lain.

3. Perubahan behaviour (perilaku) paara konsumen beberapa tahun terakhir ini, yaitu konsumen semakin kritis dan menuntut kualitas layanan yang baik dari perusahaan bisnis Agen AQUA.

Sharing atas 5 pertanyaan penting tentang Agen AQUA

Penulis mengelola bisnis Agen AQUA sejak tahun 2000 karena beberapa alasan, antara lain :

Air minum dalam kemasanan (AMDK) AQUA Danone sudah dikenal masyarakat luas, sehingga dalam menjual produk kepada konsumen relatif tidak mengalami kesulitan.

Setiap hari minum AQUA untuk menjaga kehidupan yang sehat. Hidup sehat sudah menjadi gaya hidup masyarakat di kota-kota besar, Trend gaya hidup tersebut sudah merambah masyarakat di kota-kota kecil. Segmen masyarakat golongan menengah ke atas merupakan pangsa pasar utama produk AQUA Danone.

AQUA merupakan air minum dalam kemasan yang diminum setiap hari oleh banyak Rumah Tangga di Indonesia. Para pelanggan AQUA akan melakukan beberapa kali pembelian setiap bulannya. Repeat order tersebut pastinya menghasilkan putaran arus kas penjualan.

Mengusung konsep Delivery Service, yakni pelanggan cukup order via telepon, kemudian perusahaan mengirim AQUA Galon ke rumah pelanggan..

Sedangkan lokasi usaha di kelilingi pemukiman masyarakat dan terletak di pinggir jalan yang cukup lebar. Sehingga armada light truck milik Principal atau Distributor dapat mengirim produk AQUA dengan kontinyu, lancar dan tanpa hambatan.

Tahapan atas 5 pertanyaan penting tentang Agen AQUA

Tahap pertama Agen AQUA adalah strata Retail. Perusahan hanya melayani segmen Pemakai Langsung. Menerapkan konsep Delivery Service. Cakupan pemasaran beberapa wilayah Kelurahan di sekitar lokasi usaha.
Kendaraan yang digunakan untuk pengantaran AQUA adalah Sepeda Gowes. Perusahaan sudah merekrut 1 orang karyawan.

Lanjut pada tahap kedua sebagai Agen AQUA adalah strata tingkat Whole Selller (WS), Perusahaan melayani segmen Perkantoran Swasta, Instansi Pemerintah, Rumah Sakit, Catering, dan Warung Kelontong / Toko kecil. Ruang lingkup pemasaran beberapa wilayah Kecamatan. Kendaraan yang digunakan untuk distribusi : Sepeda motor dan Mobil Pick Up. Perusahaan sudah merekrut 5 orang karyawan.

Perusahaan termasuk kategori UMKM dan berbentuk Perusahaan Perorangan (UD). Perusahaan sudah memiliki aspek legalitas. yaitu SIUP, TDP, NPWP. Kelak di kemudian hari, dokumen-dokumen legalitas tersebut bermanfaat saat perusahaan memerlukan pendanaan untuk pengembangan usaha bisnis Agen AQUA Danone.

Tahap ketiga adalah strata Star Outlet (SO). Perusahaan melayani segmen Toko Besar/Grosir, Pasar Modern (Mini Market, Super market, Pasar Swalayan). Ruang lingkup pemasaran seluruh wilayah Kabupaten.
Kendaraan yang digunakan untuk distribusi : Sepeda motor, Mobil Pick Up, serta Truk bak terbuka dan Truck Box. Perusahaan sudah merekrut 12 orang karyawan.

Hambatan yang sering dialami : pasokan produk AQUA terlambat datang. Pabrik AQUA libur (tidak produksi), dampaknya produk AQUA menjadi langka. Beragam complain (keluhan) dari pelanggan. Kendaraan bermotor rusak atau sedang keur, dampaknya distribusi terganggu. Perang harga di pasar karena bersaing dengan kompetitor, Karyawan tidak masuk kerja, Serta kekurangan modal kerja.

Demikian rangkuman 5 pertanyaan penting tentang bisnis Agen AQUA dan sharing pengalaman penulis dalam mengelola bisnis Agen AQUA. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply